Pages

Thursday, April 12, 2012

Cara membuat databases MYSQL

         Pertama kalinya nih gua dapet tugas disuruh bikin database sama dosen (you know who) haha... #kaya film harpot aja gak boleh disebutin namanya. :D
karena dari awal gua emang paling kurang bisa. dan gak begitu suka sama matkul yang berbau komputer alhasil percobaan pertama buat bikin database gagal pemirsa. Tapi karena tuntutan tugas mau gak mau gua harus bisa bikin database dong. Karena pengetahuan gua yang minim dan dosen yang neranginnya gak jelas akhirnya gua nanya dah sama mbah google , untung mbah google masih pinter haha
Nah setelah tau cara bikin database itu kaya gimana, akhirnya tugas gua selesai juga dah, hehe thanks mbah google i love you so much dah.
        Ternyata bikin database gampang loh pemirsa, sekarang gua pengen ngasih tau caranya nih. bukannya sok ya, gua juga masih awam. ini sekedar ngebantu aja buat temen-temen yang masih gak bisa ngebikin database kaya gimana. ini sih masih dasarnya aja, karena gua juga gak begitu ngerti sama yangnamanya database hehe
oke lah langsung aja kita lihat perintah-perintah yang digunakan buat bikin database;


1. Membuat Database 
  •  membuat database
         mysql> create database  (Nama Database);
  • masuk ke database/ menggunakan database yang telah dibuat
         mysql> use (Nama Database);
  • menampilkan database 
         mysql> show databases;
  • menghapus database
         mysql> drop database (Nama Database);

2. Membuat Table
  • membuat table
        mysql> create table (Nama Table) ((Nama Column) (Tipe Column),......); 
contoh: mysql> create table Siswa (Ipa char(10) not null,Nilai int(1) not null....);
  • menampilkan table 
         mysql> show tables;
  • menampilkan isi table
        mysql> select * from (Nama Table);
  • menampilkan column 
         mysql> show columns from (Nama Table);
  • menghapus table
         mysql> drop table (Nama Table); 

3. Input Data
  • memasukkan data 
         mysql> insert into (Nama Table) values ('isi column');
contoh: mysql> insert into Siswa values ('2','9');
  • update data
         mysql> update (Nama Table) set (Nama Column)='(Isi Column)' where '(Kondisi)';
contoh: mysql> update Siswa set Ipa='4' where nilai='9';
  •  menghapus data
         mysql> delete from (Nama Table) where (kondisi);
contoh: mysql> delete from Siswa where nilai='9';
  • menampilkan isi data
        mysql> desc (Nama Table);

4.Mengubah nama Table
  • mengganti nama table
        mysql> alter table (Nama Table) rename (Nama Table yang baru); 

Nah cuma segitu yang bisa gua kasih tau buat saat ini, kalo masih ada yang bingung atau ngerasa kurang jelas sama tutorial yang gua kasih mendingan kalian nanya aja deh sama mbah google hehehe

 

2 comments:

  1. WAHAHAHA
    curhatan.. :D
    btw udah jadi tugasnya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iye curhat dikit :p
      alhamdulillah udah de hehe

      Delete