Pages

Sunday, October 6, 2013

Calo dimana-mana, pihak berwajib diam saja?

Klo ngebahas tentang calo kayaknya udah gak awam lagi yah ditelinga, dia adalah orang yg suka menawarkan jasa akan sesuatu dg meminta imbalan atas kerjaannya. Berdasarkan sebuah cerita dari pengalaman yg baru aja didapat dari sumber terpercaya, pernah suatu kejadian yg dia ceritakan saat mau melakukan pembayaran pajak bermotor disamsat dekat daerahnya. Banyaknya calo yg ada disana seakan-akan sudah menjadi biasa diwilayah itu, satu sama lain calo pun berusaha berebut sasarannya yg baru datang. Dengan rayuan setannya yg berusaha membujuk kita buat mau nurutin kata dia dan mau dibantu untuk ngurusin pembayaran pajak namun harus membayar uang lebih mahal dari biasanya.
Kejadian ini sepertinya sudah biasa dan sangat dibiarkan oleh petugas disamsat tersebut, seakan-akan sudah terjadi kerja sama diantara mereka. Untuk orang awam yg baru pertama kali hal ini menjadi sasaran empuk para calo, seperti si sumber ini yg baru pertama kali melakukan transaksi pembayaran pajak.
Untuk mengetahui prosedur pembayaran pajak otomatis dia selalu banyak bertanya kepada setiap orang ditemuinya, namun sialnya setiap orang yg ditanyai prosedur tersebut adalah calo, mereka enggan memberitahu informasi tentang pembayaran pajak tersebut, dan langsung saja menawarkan jasanya agar pembayaran pajak si sumber bisa lebih cepat.
Karena si sumber sudah niat gak mau make calo buat ngurusin pajak, dia kemudian lapor ke loket informasi dan ternyata sama saja informasi yg diberikan cenderung asal-asalan dan sangat tidak membantu orang-orang yg belum terbiasa dalam melakukan transaksi tersebut.
Dengan kata lain situasi seperti ini sungguh sangat tidak mendidik kepada masyarakat untuk segera melakukan pembayaran pajak dengan segera, karena pelayanan yg diberikan pun sangat kurang membantu dan cenderung asal-asalan. Sehingga sebagian masyarakat cenderung akan enggan datang kembali ketempat tersebut untuk membayar pajak, karena merasa tidak dilayani dengan seharusnya. Dan juga dengan kondisi ini sangat membuat pertumbuhan calo tumbuh subur.
Sebaiknya pihak-pihak dari instansi yg terkait bisa lebih memaksimalkan pelayanannya untuk masyarakat, karena memang tujuan mereka bekerja disana adalah untuk melayani masyarakat bukan memakmurkan calo.

No comments:

Post a Comment