Pages

Thursday, April 19, 2012

ADJECTIVE CLAUSE

          Okelah langsung aja kali ya gak usah basa basi lagi, karena gua juga bingung mau ngasih kata pembuka kaya gimana lagi buat tulisan gua yang satu ini haha... Kali ini gua masih tetap ngebahas tentang materi Bahasa Inggris karena tugas gua yang satu ini belom selesai juga hmm.... -_-". Disini gua akan menjelaskan tentang Adjective Clause. Adjective clause itu adalah klausa yang berfungsi untuk menerangkan nomina atau kata benda yang ada didepannya.
          Untuk lebih jelasnya langsung saja kita lihat kata-kata apa saja yang berfungsi untuk menerangkan kata benda yang digunakan dalam jenis kalimat adjective clause disini beserta penerapan kalimatnya;
  • Who (person as subject)
         - I help the old man
         - The old man want to crosses the way
      => I help the old man who want to crosses the way
  • Whom (person as object)
         - Cristiano Ronaldo is a good football player
         - I like him
      => Cristiano Ronaldo whom i like is a good football player

Jika ada yang kebingungan bagaimana membedakan apakah kalimat itu menggunakan who atau whom itu sangat mudah.
# Untuk Who kata sesudahnya ditandai dengan to be or verb
# untuk Whom kata sesudahnya ditandai dengan subject
  • Whose (possessive person)
         - The boy cried in the parks
         - his bike was damaged
      => The boy whose bike was damaged cried in the parks
  • Which/That (things or animals)
         - The cat is tame
         - I have a cat
      => The cat which i have is tame
  • When (for time) 
         - I left the house yesterday
         - My father scolded me yesterday
      => I left  the house yesterday when my father scolded me
  • Where (for place)
        -  David stay overnight in my grandma house
        - I live in my grandma house
      => David stay overnight in my grandma house where i live


       Nahhh segitu aja ya contoh yang kali ini bisa gua kasih, pasti kalian udah pada ngerti kan. mudah kan cara penerapan kata-kata yang digunakan pada adjective clause pada suatu kalimat. Nahh karena udah malem gua akhirin dah penulisan hari ini, berhubung mata juga udah sepet haha.. goodbye...
         

  

1 comment: