Pages

Saturday, March 17, 2012

MARI BERINVESTASI EMAS ATAU LOGAM MULIA


         
            Kali ini saya akan membahas tentang emas atau logam mulia, dan bagaimana cara kita berinvestasi dengan logam mulia tersebut. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan emas atau logam mulia? Harus kalian ketahui emas itu sudah pasti logam mulia, namun logam mulia belum tentu emas. Kenapa begitu? Karena emas merupakan salah satu dari logam mulia, contoh logam mulia yang lain adalah platina dan perak. Logam mulia sendiri merupakan logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi, dan sangat sukar bereaksi dengan asam.

            Dan saat ini salah satu logam mulia yang cukup diminati dikalangan masyarakat adalah emas. Kenapa emas atau logam mulia banyak dijadikan alternatif untuk investasi? seperti yang kita ketahui karena sifat dari logam mulia yang tahan lama serta langka membuat nilai dari logam mulia ini sangat tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai alat berinvestasi. Selain itu salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih suka berinvestasi dengan emas atau logam mulia adalah karena memikiliki pluktuasi harga yang relative stabil dan aman.



            Tujuan dari investasi emas itu sendiri tidak lain adalah untuk melindungi asset/harta dalam jangka pendek (3-5 tahun), menengah (5-10 tahun), sampai jangka panjang (>10 tahun) yang kita miliki agar nilainya tidak berkurang terlalu drastis akibat terjadinya inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Selain itu tujuan yang lainnya adalah untuk mendapatkan profit dari investasi yang kita jalani tersebut minimal >10%/tahunnya.

            Cara berinvestasi emas sebenarnya sangat mudah asal kan kita selalu teliti dan mengetahui setiap perkembangan harga emas pertahunnya, jika anda ingin berinvestasi anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut:

-          Jika anda sudah memiliki uang, banyak ataupun sedikit segeralah membeli emas batangan sesuai dengan budget yang anda miliki

-          Setelah anda beli anda bisa menyimpannya sebagai tabungan, namun agar lebih aman anda bisa menyimpannya di safety box di sebuah bank. Namun karena tujuan utama kita adalah berinvestasi kita harus mempertimbangkan biaya safety box per tahunnya, intinya harus lebih kecil dari kenaikan harga emas itu sendiri. Agar kita masih dapat memperoleh profit dari emas yang kita investasikan.

-          Setelah itu kita dapat menjual emas kita kembali saat harga emas mulai naik, dengan begitu kita dapat memperoleh keuntungan dari harga jual emas saat keadaan emas sedang naik, hal itu kita bisa lakukan terus berulang-ulang.



            Inti dari investasi emas sebenarnya hanyalah : beli à simpan à jual, begitulah siklus investasi emas, sederhana tapi menguntungkan. Dengan cara itu sudah dipastikan kita bisa memperoleh profit dari investasi yang kita lakukan. Namun yang perlu kita ketahui dalam berinvestasi emas, kita harus sabar menunggu karena keuntungan yang kita peroleh tidak bisa langsung kita dapatkan, dan tergantung dari naik atau turunnya harga emas setiap tahunnya. Jadi intinya investasi ini bisa dikatakan sebagai jenis investasi yang pendapatan profitnya dalam jangka panjang.

            Beberapa keuntungan lain dalam berinvestasi emas dan alasan mengapa banyak orang lebih memilih investasi ini adalah :

-          Emas sangat mudah dicairkan dalam bentuk uang jika suatu saat diperlukan

-          Tidak dikenakannya ongkos pembuatan seperti perhiasan emas saat kita ingin menjualnya

-          Investasi emas terhindar dari pengaruh nilai inflasi

-          Tergolong investasi yang low risk, artinya harga emas cenderung naik dalam jangka panjang



            Nah sekarang kita sudah tau kan, bagaimana cara berinvestasi emas itu. Mudah dan sederhana bukan dengan budget berapa pun kita masih bisa melakukan investasi. Jika anda tertarik untuk mulai berinvestasi, anda bisa mulai mencoba investasi jenis ini, simple, sederhana, dan pastinya menguntungkan.

No comments:

Post a Comment