Pages

Sunday, October 6, 2013

Kebutuhan akan informasi di jaman modern

Informasi bisa disebut juga sebuah berita yang memberikan pengetahuan kepada kita akan sesuatu hal. Tanpa informasi kita akan buta tentang keadaan disekitar kita. Banyak contoh informasi  yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam melakukan kegiata jual beli kita juga membutuhkan informasi seperti  mengenai  harga barang dan spesifikasi barang yang akan kita beli. Tanpa informasi kita tidak akan dapat melakukan transaksi jual beli tersebut, karena nantinya kita akan ragu dengan barang yang akan kita beli, bisa saja kita tertipu oleh penjual karena tidak mempunyai informasi pada barang tersebut.
Selain itu informasi juga bisa memberitahukan kita banyak hal seperti mengapa harga-harga bisa naik setiap tahunnya, tragedi kecelakaan, kebakaran, kenaikan atau penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing,  itu pun juga bisa kita dapatkan dengan informasi.  Begitu pentingnya informasi dalam kehidupan sehari-hari membuat kita dituntut untuk selalu memperbaharui informasi yang kita miliki.

Namun dengan kecanggihan media pemberi informasi saat ini kita dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi yang kita inginkan. Contohnya kita dapat melihat informasi dari media koran, disana segala kejadian setiap harinya juga ditulis untuk memberikan informasi yang terjadi saat itu. Namun mungkin untuk saat itu koran sudah kurang diminati oleh masyarakat. Masyarakat sekarang lebih menginginkan untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, instant dan tetap update setiap harinya. Dan kini media elektronik menjadi pilihan nomor 1 untuk mereka yang mau memperoleh informasi dengan cepat. Di tv kita bisa mendapatkan inormasi dari acara-acara berita yang kita tonton, selain itu media elektronik yang lebih canggih lagi adalah internet dengan mengakses internet informasi apa saja yang kita inginkan bisa kita dapat kan, ditambah lagi kita dapat mengetahui informasi yang sudah lama sekali dengan hanya mengetik keyword di layanan jaringan internet seperti mozilla firefox dan lain-lain.
Semakin mudahnya mendapatkan informasi yang kita inginkan seharusnya kita bisa lebih memanfaatkan hal itu guna menambah  pengetahuan dan wawasan kita. Dan juga kita tidak mudah tertipu oleh orang lain terutama dalam transaksi jual beli jika sudah mengetahui informasi barang yang akan kita beli. Disitulah mengapa informasi sangat penting bagi kita, karena informasi sangat membantu kita untuk mengetahui hal-hal dikehidupan sehari-hari yang kita jalani.

No comments:

Post a Comment