Klo ngebahas tentang calo
kayaknya udah gak awam lagi yah ditelinga, dia adalah orang yg suka menawarkan
jasa akan sesuatu dg meminta imbalan atas kerjaannya. Berdasarkan sebuah cerita dari
pengalaman yg baru aja didapat dari sumber terpercaya, pernah suatu kejadian yg
dia ceritakan saat mau melakukan pembayaran pajak bermotor disamsat dekat
daerahnya. Banyaknya calo yg ada disana seakan-akan sudah menjadi biasa
diwilayah itu, satu sama lain calo pun berusaha berebut sasarannya yg baru
datang. Dengan rayuan setannya yg berusaha membujuk kita buat mau nurutin kata
dia dan mau dibantu untuk ngurusin pembayaran pajak namun harus membayar uang
lebih mahal dari biasanya.
Kejadian ini sepertinya sudah
biasa dan sangat dibiarkan oleh petugas disamsat tersebut, seakan-akan sudah
terjadi kerja sama diantara mereka. Untuk orang awam yg baru pertama kali hal
ini menjadi sasaran empuk para calo, seperti si sumber ini yg baru pertama kali
melakukan transaksi pembayaran pajak.
Untuk mengetahui prosedur
pembayaran pajak otomatis dia selalu banyak bertanya kepada setiap orang
ditemuinya, namun sialnya setiap orang yg ditanyai prosedur tersebut adalah
calo, mereka enggan memberitahu informasi tentang pembayaran pajak tersebut, dan
langsung saja menawarkan jasanya agar pembayaran pajak si sumber bisa lebih
cepat.
Karena si sumber sudah niat gak
mau make calo buat ngurusin pajak, dia kemudian lapor ke loket informasi dan
ternyata sama saja informasi yg diberikan cenderung asal-asalan dan sangat
tidak membantu orang-orang yg belum terbiasa dalam melakukan transaksi
tersebut.
Dengan kata lain situasi seperti
ini sungguh sangat tidak mendidik kepada masyarakat untuk segera melakukan
pembayaran pajak dengan segera, karena pelayanan yg diberikan pun sangat kurang
membantu dan cenderung asal-asalan. Sehingga sebagian masyarakat cenderung akan
enggan datang kembali ketempat tersebut untuk membayar pajak, karena merasa
tidak dilayani dengan seharusnya. Dan juga dengan kondisi ini sangat membuat
pertumbuhan calo tumbuh subur.
Sebaiknya pihak-pihak dari
instansi yg terkait bisa lebih memaksimalkan pelayanannya untuk masyarakat,
karena memang tujuan mereka bekerja disana adalah untuk melayani masyarakat
bukan memakmurkan calo.
No comments:
Post a Comment